RSS

Profil Sultan Hamengkubuwono X, Soultant or President?

20 Nov
  • APAKAH DIA, TOKOH YANG BANGSA INDONESIA CARI ???

sumber : //id.wikipedia.org/wiki/Hamengkubuwono_X

Sri Sultan Hamengkubuwono X (Kraton Yogyakarta Hadiningrat, 2 April 1946 -

sri sultan hamengkubuwono x

sri sultan hamengkubuwono x

sekarang) adalah salah seorang raja yang pernah memimpin di Kesultanan Yogyakarta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sejak 1998. Hamengkubuwono X lahir dengan nama BRM Herjuno Darpito. Setelah dewasa bergelar KGPH Mangkubumi dan setelah diangkat sebagai putra mahkota diberi gelar KGPAA Hamengku Negara Sudibyo Rajaputra Nalendra ing Mataram. Hamengkubuwono X adalah seorang lulusan Fakultas Hukum UGM dan dinobatkan sebagai raja pada tanggal 7 Maret 1989 (Selasa Wage 19 Rajab 1921) dengan gelar resmi Sampeyan Dalem ingkang Sinuhun Kanjeng Sri Sultan Hamengku Buwono Senapati ing Alogo Ngabdurrokhman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Dasa.


Hamengkubuwono X aktif dalam berbagai organisasi dan pernah memegang berbagai jabatan diantaranya adalah ketua umum Kadinda DIY, ketua DPD Golkar DIY, ketua KONI DIY, Dirut PT Punokawan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi, Presiden Komisaris PG Madukismo, dan pada bulan Juli 1996 diangkat sebagai Ketua Tim Ahli Gubernur DIY.

Setelah Paku Alam VIII wafat, dan melalui beberapa perdebatan, pada 1998 beliau ditetapkan sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dengan masa jabatan 1998-2003. Dalam masa jabatan ini Hamengkubuwono X tidak didampingi Wakil Gubernur. Pada tahun 2003 beliau ditetapkan lagi, setelah terjadi beberapa pro-kontra, sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta untuk masa jabatan 2003-2008. Kali ini beliau didampingi Wakil Gubernur yaitu Paku Alam IX.

Pada masa kepemimpinannya, Yogyakarta mengalami gempa bumi yang terjadi pada bulan Mei 2006 dengan skala 5,9 sampai dengan 6,2 Skala Richter yang menewaskan lebih dari 6000 orang dan melukai puluhan ribu orang lainnya.

Pada peringatan hari ulang tahunnya yang ke-61 di Pagelaran Keraton 7 April 2007, ia menegaskan tekadnya untuk tidak lagi menjabat setelah periode jabatannya 2003-2008 berakhir. Dalam pisowanan agung yang dihadiri sekitar 40.000 warga, ia mengaku akan mulai berkiprah di kancah nasional. Ia akan menyumbangkan pemikiran dan tenaganya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Silsilah

* Anak tertua dari Sultan Hamengkubuwono IX dan istri keduanya, RA Siti Kustina/BRA Widyaningrum/KRA Widyaningrum/RAy Adipati Anum

* Menikah dengan Tatiek Drajad Suprihastuti/BRA Mangku Bumi/GKR Hemas, putri dari Kolonel Radin Subanadigda Sastrapranata, pada tahun 1968.

* Memiliki saudara antara lain GBPH Joyokusumo, GBPH Prabukusumo, GBPH Yudaningrat

* Memiliki lima orang putri:

1. GRA Nurmalita Sari/GKR Pambayun

2. GRA Nurmagupita/GBRA Surya Kusuma

3. GRA Nurkamnari Devi

4. GRA Nurabra Juwita

5. GRA Nurastuti Vijarani

About these ads
 
4 Komentar

Posted by pada November 20, 2008 in Profil

 

Tag: , , ,

4 responses to “Profil Sultan Hamengkubuwono X, Soultant or President?

  1. deny kusdiany

    Oktober 5, 2009 at 11:12 am

    wah bagaimana kabarnya sekarang, kok tidak ada gebrakan-gebrakan yang menggembirakan, adem ayem aja.

     
  2. Sakinah Hutagalung

    Februari 10, 2011 at 9:47 am

    Sebaiknya kita tahu. Numpang lewat. Jangan dihapus Abang sayang, ini untuk pencerahan dan agar TV One belajar, lebih bijak lagi.

    TV One ngawur dan ingin diserang? Uraian TV One pagi ini soal pengunggah video amatir kekerasan Cikeusik sangat tidak mendidik dan mengesankan TV One ingin memonopoli video. Dalam uraian itu TV One pertanyakan siapa Andreas peng-upload video di YouTube.

    Uraian juga mempertanyakan spektis apakah video tersebut dari pihak Ahmadiyah atau lawannya. Sesungguhnya semua itu tidak penting. Setiap orang berhak mengabadikan apapun melalui kamera ia punya.

    Apa maksud TV One membuat uraian tolol itu? Apa hanya TV One yang berhak? Bukankah TV One sudah nomor satu di Indonesia dan bahkan dunia? Lagi-lagi itu kedangkalan TV One, skeptis melulu dan picik. Pembuat video seperti itu jelas orang yang pandai mencium nilai berita. Itulah maka video-video amatir bernilai fakta tinggi tak terbantahkan dan dikagumi.

    TV One jangan picik lagi dalam membuat uraian. Lama-lama Anda bisa diserang orang. Kalau tak mampu bersaing dengan Metro, Anda bubar saja. Anda harusnya berpikir seperti Metro TV dan jangan skeptis ngawur.

    TV One juga bilang video sempat diblokir YouTube. YouTube tidak pernah memblokir video apapun. TV One double ngawur.

     
  3. Huo Huan

    Februari 26, 2011 at 4:33 pm

    Janganlah bermimpi. Tak baik.
    Tapi memang orang-olang muda dan tua Indonesia mudah sangat terjebak hal-hal kecil tak penting, kerana media meleka suka mendiskusi hal-hal kecil tak penting, dan bahkan turut mengalihkan isu, tidak ada beza dengan oknum-oknum penguasa Pusat. Harusnya tentara dekat dan bersama mahasiswa dan rakyat untuk ambil aksi merebut. halusnya tentala setelah melihat situasi krisis saat ini lantas secepatnya pegang kekuasaan bagi mempertahankan negara dan rakyat bumiputera yang kini terancam oleh kami orang. Tapi tentara di Indonesia, kolonel-kolonelnya, tidak belani sama jenderal-jenderal meleka, yang padahal jadi jendelal kalena menyuap. Kami Singapore dulu tak ada artinya, kami merdeka juga lebih belakang, haiyaa. Tapi kami dapat pemimpin hebat, Tuan Lee Kuan Yew, pejuang sejati dan pemimpin sejati dalam kami inilah. Indonesia dulu ada pemimpin hebat, Sukalno, tapi direbut pemimpin karbitan CIA/Amelika, Suhalto. Indonesia kini sama saja, dipegang pemimpin tak tahu apa-apa, SBY. Maka kita orang, dinasti Han, Tionghoa perantauan, bukan Cina hebat macam mereka olang RRC/Tiongkok yang nasionalis; kami orang yalah licik sangat dan mental dagang, banyak akal snagat. Kami di Indonesia pandai dagang dan pintar menyuap dan KKN dengan pejabat-pejabat Indonesia yang tak memiliki halga diri dan murahan. Itu sebab kami makmur dan bumiputela Indonesia sekalang hancul belantakan. (Hou Huan, Singapore)

     
  4. ong xiao

    Februari 26, 2011 at 4:34 pm

    Diam kamu, Huo Huan!!!! Olang-olang daerah itu nanti jadi sadar dan pintar bahawa mereka sedang dialihkan isu. Tapi bukankah sudah nenek-moyang kita orang-olang Han/Tionghoa l/rancang semuanya. Tapi kita orang Han, Tionghoa, sudah lama kuasai dan kendalikan meleka, termasuk media utama, TV-TV berita, kita olang sudah kuasai dan dikte isinya semua, paham? Tak hanya itu. Titik-titik strategis Indonesia pun semua telah kami kuasai. Kita orang yalah dinasti Han. Semua isu harus kita alihkan dan kita pula-pula angkat isu-isu itu, tapi jangan dalam-dalam. Kalau tak, maka kita orang akan lugi semua, nanti kalau ada kerusuhan, harta benda kita orang ludes semua. Ingat, kini tak ada yang tidak kita orang kuasai. Kita orang pintar, mereka orang bumiputera tolor-tolol, mudah dibeli, haiyaa…. Di antala kami juga banyak yang masuk Islam, itu pura-pura saja, supaya kita olang tidak dimusuhi. Mana yang tidak kami orang kuasai ha…?! Semua tanah-tanah luas negeli itu, properti, perumahan dan blok-blok mewah saat ini semuanya milik kita orang. Haiya….. Tak ada yang tersisa untuk anak-anak bumiputera Indonesia. Haiyaaa…. Tak perlu 300 tahun. Pejabat-pejabat itu tolor-tolor, mahu ber-KKN dengan kami, mereka orang murahan, haiyaaa…. Kurang dari 100 tahun lagi, bumiputera itu semua sudah punah, haiyaaa… Yang telsisa dali meleka hanya sedikit sekali, macam etnis Aborigin di Australia, haiyaa….. Jangan tanya atau katakana itu lagi Hou Hian! Jangan kamu buka rahasia nenek moyang kita orang lagi !!!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: