RSS

La Galigo, sebuah warisan budaya

25 Jul

Ketika seorang teman memberikan undangan pementasan teater tari I La Galigo (Terima Kasih Banyak ya mba’), kami langsung mengiyakan. terbayang sebuah karya besar bakal hadir didepan mata kami. Dengan langkah ringan kami menuju ke hotel. Dari kami, tentu saja Bim2 Hudson, Cupez SeniOr; dan Joy Grunge DikHum. Anak Agm jangan ngiri ya….

Luar biasa pertunjukan teater tari dari epos La Galigo dengan episode Sawerigading yang berlangsung di Hotel Sahid Makassar tanggal 22 juli 2008. Anggota WAKAM yang berkesempatan hadir sangat bangga menyaksikan langsung pementasan salah satu karya sastra agung didunia.

Pertunjukan ini merupakan event dari salah satu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bekerjasama dengan yayasan kesenian Batara Gowa dengan Seniman Pendukung I Lagaligo (Pentas Keliling Dunia).

Adegan dimulai dengan turunnya Batara Guru yang turun ke bumi untuk mengisi kekosongan bumi. Ia mempunyai anak yang bernama Batara Lattuk yang kemudian mempunyai keturunan kembar Sawerigading dan We Tenriabeng. setelah dewasa Saweigading jatuh cinta kepada saudara kembarnya. Untuk menghindari pernikahan sedarah, Saweigading menebang pohon Walenreng yang akarnya menjangkau langir dan bumi. denan kapak dewata untuk dijadikan perahu untuk berlayar ke Alecina. Ia melamar I We Cudai yang dari pernikahannya tersebut lahirlah i Lagaligo.

Untuk penyelenggaraannya sedikit mengecewakan sebab panitianya terlalu kaku dalam menerapkan aturan kepada para undangan dan molornya waktu pementasan selama hampir 2 jam. Namun untuk menyaksikan salah satu adegan karya sastra terbesar hal itu tertutupi. Membanggakan bisa meyaksikan langsung warisan budaya leluhur suku Bugis. Sureq I La Galigo.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 25, 2008 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: