RSS

Segitiga Masalembo

17 Jan
segitiga masalembo

segitiga masalembo

Perairan Majene yang lebih dikenal sebagai kawasan segitiga Masalembo dikenal angker oleh para pelaut. Sudah banyak kejadian kecelakaan kapal di kawasan yang mirip segitiga Bermuda itu.

Sejumlah kecelakaan yang terjadi tepat di kawasan segita Masalembo antara lain, tenggelamnya KM Teratai Prima 11 Januari 2009, Kapal Kargo 8 Juli 2008, Kapal Ikan Sumber Awal 16 Agustus 2007, KM Fajar Mas 20 Juli 2007, Pesawat AdamAir 1 Januari 2007, KM Mutiara Indah 19 Juli 2007, dan KM Tampomas II pada 27 Januari 1981.

Sejak lama perairan Majene atau segitiga Masalembo dikenal sebagai kawasan yang rawan. Pulau Masalembo adalah pulau kecil yang terletak di pertigaan laut Jawa dan laut Makassar di mana di kedalaman laut membentuk segitiga yang nyaris sempurna yakni segitiga sama sisi.

Kawasan ini menjadi rawan karena merupakan pertemuan arus dan tanjung serta pusaran angin. Arus dari laut Flores dan Sulawesi bertemu di sana. Di kawasan ini juga sering terjadi perubahan cuaca mendadak. Pusat tekanan laut berubah rendah secara mendadak sehingga mengubah arah gelombang. Akibatnya ombak memukul dari arah samping kapal. Hal inilah yang menyebabkan kapal terbalik atau terhembas.

Berbeda dengan segita Bermuda yang dikaitkan dengan intensitas magnetik yang tinggi, maka segitiga Masalembo memiliki intensitas magnetik yang rendah. Namun, kawasan ini sudah terlanjut dianggap angker oleh para pelaut. Padahal keangkeran laut Majene lebih disebabkan oleh gangguan alamiah bukan mistis. Namun masyarakat nelayan Majene percaya, bahwa diarea tersebut terutama Baturoro Majene sering muncul bagunan rumah ditengah lau atau cahaya pelita. oleh sebab itu para nelayan saat hendak melaut membuang sesajen berupa telur ayam kampung untuk meminta izin melaut. hal lain yang dilakukan adalah membunyikan peluit kapa 3x sewaktu lewat disegitiga tersebut.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 17, 2009 in Pengurus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: